Kelebihan Kayu Merbau Yang Jarang Diketahui

Plus minus kayu merbau

Kayu merupakan bahan baku yang sering di manfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan di bidang kontruksi dan furniture, tak jarang juga elemen kayu di gunakan sebagai bahan baku dekorasi hunian tempat tinggal.

Berbagai jenis kayu dapat kita manfaatkan guna memenuhi berbagai keperluan tertentu, akan tetapi terdapat jenis kayu yang pengolahannya atau pemanfaatannya di gunakan untuk kepentingan di bidang kontruksi saja. Seperti contohnya kayu jati  atau kayu merbau.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jenis kayu yang sering di manfaatkan. Jenis kayu tersebut adalah :

Kayu Merbau Papua

Kayu merbau merupakan jenis kayu yang berasal dari kepulauan khas Irian jaya, Papua, meskipun kenyataanya jenis kayu ini masih bisa kita temukan di daerah Kalimantan dan Sulawesi, akan tetapi kualitas kayu merbau yang berasal dari Papua jauh lebih baik.

Pohon merbau, si kayu besi dari Papua

Hal ini di karenakan beberapa faktor, antara lain yaitu kontur tanahnya, pertumbuhannya, lingkuangannya dan lain sebagainya.

Pohon Merbau dapat tumbuh hingga ketinggian 50 meter, panjang cabang rata-rata 20 meter. Memiliki warna teras yang berbeda dengan warna gubal,dengan demikian kita dapat membedakan mana lantai kayu yang terbuat dari teras dan mana yang terbuat dari gubal, tidak bisa dibohongi.

Karakteristik kayu merbau

Warna teras kayu Merbau bervariasi seperti abu-abu kecoklatan, kuning kecoklatan, coklat merah dan cokelat merah terang. Warna gubal kayu Merbau kuning pucat atau kuning muda. Tekstur kayu Merbau kasar, jika diraba terasa licin dan halus, serat kayu lurus namun ada juga serat nya yang tidak beraturan karena jenis kayu Merbau sangat banyak macamnya.

Mengenal karakteristik kayu besi Papua

Kayu merbau memiliki tingkat kekerasan, ketahanan dan keawetan yang cukup tinggi, kualitas kayu merbau terbagi menjadi beberapa kelas seperti, tingkat kekerasan kelas 1 dan tingkat keawetan kelas 2.

Maka tak heran, jika jenis kayu yang satu ini sering di manfaatkan guna menunjang berbagai kebutuhan industri dan komersil, tak jarang juga di gunakan di bidang kontruksi dan furniture.

Baca juga : Lantai kayu untuk lapangan basket

Kelebihan Kayu besi

Mengenal kelebihan & kekurangan kayu merbau

  • Tingkat penyusutan yang rendah
Pohon merbau ini memiliki daya retak yang rendah, jika dilakukan pengeringan maka menjadikan tingkat kerusakan pada kayu ini sangatlah kecil.

  • Memiliki tingkat kekerasan & keawetan yang tinggi
Sebagai Kayu yang memiliki tingkat kekerasan yang melebihi kayu Jati, Merbau menjadi alternatif kayu yang berkualitas tinggi. Tekstur yang keras menjadikan kayu ini tahan terhadap perubahan cuaca yang dimana aspek ini sangat dibutuhkan dalam pembuatan lantai kayu, jembatan, papan tangga kayu dan lain sebagainya.

  • Baik bagi kesehatan tubuh manusia
Tahukah Anda, bahwasanya kayu merbau dapat mengeluarkan senyawa ION negatif, yang dimana hal tersebut berdampak positif bagi kesehatan, seperti menetralkan aliran darah, menurunkan tingkat strees dan masih banyak lagi. Maka tak heran, jika kayu merbau sering juga di gunakan sebagai lantai parket.

  • Tahan terhadap serangan serangga, rayap hingga jamur

Di karenakan kayu merbau memiliki daya tahan yang kuat, membuat serangga perusak kayu enggan untuk memakannya. Begitu pula terhadap jamur, yang dimana kayu merbau tidak akan tercemar oleh pertumbuhan jamur.

  • Mempunyai warna yang eksotis

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, kayu merbau memiliki warna yang sangat unik dan menarik yakni berwarna merah kecoklat-coklatan yang terkadang di dukung dengan kiluan warna kuning. Membuat kayu merbau sangat cocok dijadikan sebagai bahan baku elemen dekorasi hunian.

Baca juga : Alternatif lantai kayu merbau, vinyl motif kayu


Sayangnya, kayu merbau mempunyai salah satu kelemahan yang cukup menggangu yaitu dapat mengerluakan getah berwarna merah bila terkena tetesan air, sangat di sayangkan memang, akan tetapi hal itu semua tidak akan berlangsung lama, getah merbau tersebut akan berhenti keluar atau menghilang dengan sendirinya dalam kurun waktu paling lama sekitar 2-3 bulan.

Itulah dia pembahasan tentang kayu merbau yang bisa kami sampaikan, semoga ulasan di atas dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda, cukup sekian & Terimakasih.

Tidak ada komentar untuk "Kelebihan Kayu Merbau Yang Jarang Diketahui"