2 Jenis Lantai Kayu Indoor yang Paling Banyak Dipilih

Jenis Lantai Kayu Indoor

Pilihan Jenis Lantai Kayu indoor - Material lantai memiliki peran penting dalam membangun karakter sebuah bangunan. 

Selain keramik yang telah menjadi pilihan konvensional, lantai kayu solid semakin populer sebagai alternatif yang menarik. 

Keistimewaan lantai kayu terletak pada tekstur alaminya dan tampilannya yang lebih natural, serta memberikan rasa kehangatan dan keindahan tersendiri pada ruangan.

Tidak hanya itu, lantai kayu indoor menawarkan beragam jenis kayu yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan estetika. Lalu, ada lantai kayu indoor apa saja? Berikut produk yang bisa dipilih : 

Jenis Lantai Kayu Indoor 

1. Parket Kayu Solid

Jenis Lantai Kayu Indoor

Parket adalah jenis lantai yang terdiri dari lempengan potongan kayu kecil-kecil dengan ukuran standar yang telah ditetapkan secara global. 

Biasanya, lempengan parket memiliki lebar sekitar 5cm, tebal berkisar antara 0,8 hingga 1,5cm, dan panjangnya bervariasi antara 17cm hingga 50cm. 

Bahan utama yang digunakan adalah kayu asli, dan berbagai jenis kayu menjadi pilihan utama di berbagai negara. 

Di Indonesia, kayu merbau dan jati sering dipilih sebagai bahan parket karena tingkat kekuatan dan keawetan yang tinggi. Tentunya sangat cocok untuk iklim di indonesia. 

Agar lebih mengenal 2 jenis lantai parket solid dari segi kualitas dan kelebihannya, yuk ketahui beberapa kelebihan kayu jati dan kayu solid berikut secara singkat : 

Kelebihan Parket Kayu Jati

  1. Manfaat untuk Kesehatan : Kayu asli dalam parket menghasilkan ion negatif yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, sirkulasi darah, dan memperkuat sistem kerja jantung, memberikan dampak positif bagi kesehatan penghuni ruangan.

  2. Sifat Penyetabil Ruangan : Kayu memiliki sifat alami yang menyeimbangkan suhu ruangan, memberikan rasa hangat saat cuaca dingin dan sebaliknya. Ini membantu menciptakan kondisi lingkungan yang nyaman bagi penghuni.

  3. Keawetan yang Tinggi : Parket terbuat dari kayu solid memiliki tingkat keawetan yang baik. Dengan perawatan yang tepat, parket dapat bertahan seumur hidup. Jika permukaannya mengalami keausan atau goresan, finishing ulang dapat dilakukan untuk mengembalikan tampilannya seperti baru.

  4. Tampilan Serat Kayu Natural : Serat kayu merupakan hasil dari alam, memberikan tampilan yang benar-benar natural dan memperindah estetika ruangan dengan sentuhan natural dan motif yang cantik

2. Flooring Kayu Solid

Jenis Lantai Kayu Indoor

Flooring adalah jenis lantai yang memiliki ukuran lebih besar dari parket kayu, dimana flooring kayu solid memiliki lebar standar antara 7cm, 9cm, dan 12cm, serta ketebalan 1,2cm hingga 2cm.

Seperti jenis lantai parket, dimana flooring Terbuat dari bahan kayu aslit, bedanya lantai flooring menawarkan kemewahan dengan serat kayu yang lebih terekspos karena ukurannya yang lebih besar.

Harga flooring cenderung lebih tinggi dibandingkan parket kayu. Dikenal juga dengan sebutan lantai kayu solid atau hardwood floor. 

apalagi, lantai flooring terbuat dari material kayu yang memiliki diamater lebih lebar, seperti kayu merbau, sehingga produk flooring merbau kerap menjadi perbandingan dari parket kayu jati yang lebih kecil. 

Walau demikian, harga keduanya tidak terlalu jauh berbeda, dimana parket kayu solid memiliki harga mulai dari 160 ribuan, sedangkan 190 ribuan saja. namun produk dengan harga tersebut memiliki kualitas yang standar. 

lalu, berapa harga lantai kayu dengan kualitas tertinggi? Tentunya harga lantai kayu berkualitas berada di antara harga 200 ribuan keatas, dimana produk tersebut memiliki kualitas kelas I dengan tekstur dan tampilan yang lebih solid. 

Lalu, apa saja kelebihan flooring ketimbang parket? Berikut beberapa kelebihan flooring diantaranya : 

Kelebihan Flooring Kayu Solid

  1. Memiliki ukuran lebih Besar : Lantai flooring, dengan ukurannya yang lebih besar, memberikan tampilan yang lebih mewah karena urat kayu lebih terexpose. 

  2. Ramah lingkungan dan Aman : Seperti halnya kayu parket, flooring juga baik untuk kesehatan dan berperan sebagai penyetabil ruangan. 

  3. Tingkat awet yang Tinggi : Tingkat keawetannya tinggi, karena terbuat dari bahan kayu asli yang tahan terhadap serangan hama perusak dan rayap. 

  4. Dapat Diperbarui saat rusak : Hal ini membuatnya bisa bertahan seumur hidup dengan perawatan yang tepat, dan dapat di-finishing ulang untuk mendapatkan tampilan seperti baru.
Tak hanya lantai kayu solid saja yang menjadi unggulan atau incaran bagi para kontruktor bangunan, terlebih ada beragam produk yang bisa dipilih sebagai pengganti dari lantai kayu solid yang memiliki harga terbilang mahal. 

Salah satu produk yang bisa jadi pengganti lantai kayu yakni Lantai vinyl dan laminate, kedua lantai tersebut terbuat dari material sintetis sehingga harga yang ditawarkanpun terbilang lebih murah. 

Jadi, jenis lantai kayu indoor mana yang akan dipilih?

Tidak ada komentar untuk "2 Jenis Lantai Kayu Indoor yang Paling Banyak Dipilih"